Sony Minta Persetujuan AS untuk Pasok Cip ke Huawei

maiwanews – Perusahaan asal Jepang Sony Corp mengajukan permohonan persetujuan kepada otoritas Amerika Serikat untuk melanjutkan pasokan cip ke perusahaan asal China Huawei Technologies Co Ltd. Sony selama ini menjadi pemasok sensor gambar untuk produk ponsel pintar Huawei.

Langkah Sony juga dilakukan oleh Kioxia Holdings Corp, perusahaan ini merupakan produsen cip memori flash. Sebelumnya perusahaan teknologi Intel Corp telah mendapatkan lisensi dari pihak berwenang Amerika Serikat (AS).

Memburuknya hubungan bilateral Amerika Serikat dengan China mendorong Amerika untuk menyerukan kepada pemerintah negara-negara di seluruh dunia untuk menekan Huawei. Pemerintah AS menuding Huawei melakukan kegiatan spionase dengan mentransfer data ke pemerintah China.

Kioxia menegaskan kebijakan pembatasan terhadap Huawei oleh Amerika Serikat akan menyebabkan penumpukan pasokan cip, pada akhirnya menurunkan harga. Baru-baru ini Kioxia menunda rencana melantai di bursa karena ketegangan AS-China membuat pasar cip global menjadi suram.

Juru bicara Sony mengatakan perusahaannya mematuhi semua peraturan, tetapi tidak mengomentari klien tertentu. Sedangkan juru bicara Kioxia menolak untuk memberi komentar. (VOA/ah/au)