Supernal Luncurkan Mobil Terbang, eVTOL Konsep

20220718-evtol-konsep-supernal-hyundai-pub18jul2022
Mobil terbang elektrik (eVTOL) konsep oleh Supernal, Grup Hyundai Motor. Senin, 18 Juli 2022. (Foto/Gambar: Supernal)

maiwanews – Perusahaan Grup Hyundai Motor, Supernal, meluncurkan mobil terbang konsep. Ini menunjukkan bagaimana visi Hyundai dalam mengintegrasikan kemampuan otomotif untuk mengembangkan pasar mobilitas udara tingkat lanjut.

Mobil terbang elektrik atau disebut juga dengan eVTOL (electric Vertical Take-Off and Landing) oleh Supernal diperkenalkan Senin (18/07/2022) pada ajang Farnborough International Airshow 2022.

Dalam merancang konsep kabin ini, Supernal bermitra dengan studio desain grup, sementara perusahaan megupayakan sertifikasi kendaraan eVTOL untuk penggunaan komersial di Amerika Serikat mulai tahun 2028, serta di Uni Eropa dan Inggris tak lama setelah itu.

“Agar moda transportasi mobilitas udara tingkat lanjut (Advanced Air Mobility/AAM) tersebar luas, setiap detail, mulai dari pengalaman penumpang hingga regulasi dan infrastruktur, perlu ditangani dari awal dan bekerja bersama satu sama lain”, kata Jaiwon Shin, President Hyundai Motor Group dan CEO Supernal.

Ia menambahkan, dengan memanfaatkan kemampuan mobilitas Hyundai Motor Group, Supernal menginvestasikan waktu dan sumber daya di muka untuk memastikan industri ini dapat berkembang secara massal dalam beberapa dekade mendatang.

Konsep kabin lima kursi Supernal memberikan petunjuk tentang bagaimana perusahaan memanfaatkan proses dan bahan desain otomotif untuk mengoptimalkan pengalaman penumpang. Langkah ini dilakukan dengan tetap memenuhi standar keselamatan penerbangan komersial tertinggi.

“Supernal bermitra dengan desainer otomotif terkemuka Hyundai Motor Group untuk mengembangkan kendaraan eVTOL kami agar dapat diproduksi dan diterima secara luas”, jelas Shin.

Perusahaan dikatakan meluangkan waktu untuk menciptakan eVTOL komersial dengan memperhatikan masalah keamanan dan kenyamanan sebagaimana mereka temui di mobil mereka sendiri. (jup)