Suu Kyi Hadiri Persidangan Secara Langsung di Pengadilan

maiwanews – Aung San Suu Kyi Senin 24 Mei menghadiri persidangannya secara langsung di pengadilan untuk pertama kalinya. Sebelumnya, ia hanya bisa menghadiri persidangan melalui panggilan video dan tidak boleh bertemu langsung dengan tim pengacara.

Namun pada persidangan di pengadilan khusus di dalam gedung dewan kota di ibu kota, Naypyitaw, tokoh Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) itu dapat bertemu pengacara sebelum sidang dimulai. Ketua tim pembelanya, Khin Maung Zaw, mengatakan sidang kali itu bertujuan prosedural.

Khin Maung Zaw juga mengatakan Suu Kyi berpesan kepada rakyat Myanmar bahwa partainya mendukung mereka. Suu Kyi juga menitip pesan kepada pengacaranya untuk menyampaikan kepada masyarakat Myanmar bahwa ia peduli pada rakyat dan partainya didirikan untuk rakyat.

Sidang hari Senin 24 Mei terkait enam dakwaan terhadap Suu Kyi. Ia menghadapi dakwaan pelanggaran impor alat komunikasi walkie talkie secara ilegal. Selain itu ia juga didakwa atas pemanfaatan sejumlah radio tanpa izin serta penyebaran informasi berpotensi menimbulkan keresahan.

1 Februari lalu Suu Kyi digulingkan dari kekuasaannya oleh militer Myanmar pimpinan Jenderal Min Aung Hlaing karena dituduh melakukan kecurangan pada pemilihan presiden (pilpres). (VOA)