Syarat Baru Terbang Domestik : Vaksin Pertama dan Sampel Tes PCR 2×24 jam

maiwanews – PPKM di seluruh wilayah Indonesia kembali diperpanjang. Pemerintah memberlakukan persyaratan baru bagi warga yang akan melakukan perjalanan udara domestik baik wilayah Pulau Jawa dan Bali maupun wilayah lain.

Khusus wilayah Pulau Jawa dan Bali, warga yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi udara kini diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama beserta hasil tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2×24 jam.

“Menggunakan transportasi udara untuk menuju kota di wilayah Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan hasil tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2×24 jam,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (6/10/2021).

Sementara perjalanan udara menuju kota di wilayah luar Pulau Jawa dan Pulau Bali dengan status PPKM level 3 dan 4 sambung Novie, harus menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap dan hasil tes PCR yang berlaku 2×24 jam.

Adapun syarat perjalanan menggunakan pesawat untuk wilayah yang status PPKM-nya level 1 dan 2 lanjutnya, diharuskan menunjukkan hasil tes PCR yang berlaku 2×24 jam atau hasil tes antigen yang berlaku 1×24 jam.

Aturan baru tersebut kata Novie, mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 49 Tahun 2021 tentang Perubahan Inmendagri Nomor 47 Tahun 2021 yang diterbitkan pada 5 Oktober 2021.