Tahun Ajaran Baru Tidak Harus Tatap Muka

maiwanews – Hamid Muhammad mengatakan, kalender pendidikan untuk jenjang PAUD Dikdasmen biasanya ditetukan pada pekan ketiga di bulan Juli. Adapun kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi akan berbeda.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad dalam sebuah pernyataan menjelaskan, mengingat saat ini tengah terjadi pandemi Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19), tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

Metode dan media pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode ini akan dibagi dalam dua pendekatan. Kedua metode itu adalah PJJ dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). 

Untuk media PJJ daring, Kemendikbud merekomendasikan 23 laman untuk peserta didik sebagai sumber belajar. Warga satuan pendidikan juga dapat memperoleh informasi mengenai Covid-19 di https://covid19.go.id serta di laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Adapun metode PJJ secara luring, dapat memanfaatkan berbagai layanan seperti program belajar dari rumah melalui TVRI, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak serta alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar. (Kemendikbud)