Taliban Kuasai Beberapa Perbatasan Afghanistan

Pasukan Taliban. Jumat 9 Juli 2021.

maiwanews – Rusia hari Jumat 9 Juli menyatakan bahwa Taliban telah menguasai sekitar dua pertiga dari perbatasan Afghanistan-Tajik dan mendorong semua pihak di Afghanistan untuk menahan diri.

“Kami telah mencatat peningkatan tajam dalam ketegangan di perbatasan Afghanistan-Tajik. Gerakan Taliban dengan cepat menduduki sebagian besar distrik perbatasan dan saat ini menguasai sekitar dua pertiga perbatasan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia Maria Zakharova.

Menurutnya Moskow siap untuk mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencegah agresi pada sekutunya Tajikistan dan meminta semua pihak untuk menghindari penyebaran ketegangan di luar negeri.

Taliban hari Jumat 9 Juli mengumumkan bahwa mereka telah merebut penyeberangan perbatasan utama dengan Iran, beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden mengeluarkan pembelaan terhadap penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan.

Delegasi Taliban di Moskow hari Jumat mengatakan bahwa mereka menguasai lebih dari 85% wilayah di Afghanistan dan meyakinkan Rusia bahwa mereka tidak akan membiarkan negara itu digunakan sebagai platform untuk menyerang orang lain.

Otoritas keamanan Afghanistan mengatakan bahwa pejuang Taliban telah menguasai daerah vital di Afghanistan barat pada hari Kamis, wilayah itu mencakup perbatasan utama dengan Iran.

Taliban telah menguasai daerah-daerah berbatasan dengan lima negara yaitu Iran, Tajikistan, Turkmenistan, China, dan Pakistan. Taliban terus melanjutkan kemajuan militernya dengan cepat di seluruh negeri di tengah ekstraksi pasukan asing setelah berakhirnya intervensi 20 tahun mereka. (z/Tasnum News Agency)