Taliban Nyatakan Siap Perang Lawan Afganistan

maiwanews – Pihak Taliban menyatakan siap berperang melawan pasukan Afganistan. Pernyataan disampaikan Rabu 13 Mei sebagai tanggapan atas kebijakan pemerintah Afganistan baru-baru ini.

Presiden Afganistan Ashraf Ghani memerintahkan tentara melanjutkan operasi militer. Kebijakan ini diambil setelah proses perdamaian dicakaukan oleh serangan mengerikan. Presiden Ashraf menuding dua serangan pada Selasa 12 Mei terhadap rumah sakit dan pemakaman, dilakukan oleh Taliban dan ISIS.

Selama beberapa pekan pasukan Afghanistan diklaim bersikap defensif di tengah pembicaraan damai dengan Taliban.

Selasa 12 Mei lalu sebuah serangan pada siang hari diikuti ledakan di sebuah pemakaman di Timur Afganistan menewaskan 32 pelayat. Sebuah serangan lainnya terjadi di rumah sakit bersalin di Kabul setidaknya 24 orang termasuk ibu, bayi, dan perawat tewas.

Organisasi kemanusiaan Doctors Without Borders (MSF) selaku pengelola unit bersalin di Rumah Sakit Barchi di Kabul Barat, melaporkan seorang perempuan melahirkan dalam serangan itu.

Pihak MSF dalam sebuah pernyataan mengatakan serangan di rumah sakit bersalin itu berlangsung selama beberapa jam. Diantara korban tewas, salah satunya adalah anggota MSF dari Afganistan.

Sebelumnya Senin 11 Mei pemerintah Afganistan mengatakan Taliban dituding melakukan serangan terhadap sebuah pos pemeriksaan militer di bagian timur Provinsi Laghman, enam tentara tewas dan lima lainnya luka. Kelompok Taliban mengaku melakukan serangan Minggu 10 Mei malam itu.

Kementerian Pertahanan Afghanistan menyatakan pasukan pemerintah berhasil menghalau para penyerang. Korban juga jatuh di pihak Taliban namun tidak ada rincian lebih jauh. (VoA/my/pp/ab/uh)