Tangani COVID-19, Pemerintah Kirim Mobil “Lab Bio Safety” ke Surabaya

maiwanews – Pemerintah pusat mengirim mobil khusus ke Surabaya untuk membantu upaya percepatan penanganan COVID-19. Salah satu dari dua unit mobil Lab Bio Safety Level 2 telah tiba hari Rabu 27 Mei pagi. Satu unit lainnya sedang dalam perjalanan.

Mobil lab ini dikirim ke Surabaya Jawa Timur karena salah satu laboratorium mengalami kerusakan sehingg tidak bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan. Hal itu disampaikan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Doni Monardo Rabu 27 Mei.

Keberadaan dua mobil lab ini nantinya diharapkan dapat membantu proses pemeriksaan virus korona di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Mobil Lab Bio Safety Level 2 tersebut dilengkapi alat Polymerase Chain Reaction (PCR), menggunakan crystal mix dengan reagen padat. reagen ini tidak harus disimpan pada suhu-80 derajat celcius sebagaimana reagen berbentuk cair.

Selain 2 unit mobil ini, pemerintah berencana mengirim tiga unit mobil lab ke Lumajang, Surabaya, dan Sidoarjo. Doni menjelaskan, terjadi peningkatan kasus positif korona dalam beberapa hari terakhir ini. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menambah laboratorium pemeriksaan COVID-19. (Kominfo)