Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi Ditangkap

20190926-poster-jamal-khashoggi
Poster Jamal Khashoggi pada peringatan satu tahun pembunuhan Jamal Khashoggi. Kegiatan berlangsung di Capitol Hill. Kamis 26 September 2019.

maiwanews – Salah seorang terduga pembunuhan terhadap Jamal Khashoggi, seorang jurnalis asal Arab Saudi. Beberapa sumber baik judisial, polisi, maupun bandara menyebut oknum itu ditangkap di bandara Charles de Gaulle di luar kota Paris, Prancis. Penangkapan berlangsung beberapa hari setelah pertemuan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Menurut pihak kepolisian, tersangka bernama Khaled Aedh Al-Otaibi, mantan pengawal kerajaan. Tersangka masuk dalam daftar buronan Prancis, ia ditahan sehubungan surat perintah pihak Turki pada tahun 2019.

Terkait kemungkinan ekstradisi terhadap tersangka, sumber judisial Prancis belum bisa memastikan, menurutnya masih terlalu dini untuk menetapkan.

Oktober 2018 Khashoggi dalam pelariannya ke Amrika Serikat, dibunuh dengan cara dicekik di dalam konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Maret lalu intelijen Amerika Serikat dalam laporannya menyebutkan bahwa Pangeran Mohammed memberi wewenang pada rencana membunuh atau menangkap Khashoggi. Tudingan ini ditolak oleh Pemerintah Saudi dan membantah putra mahkota Saudi terlibat dalam pembunuhan. (VOA/hiu)