Tiga SKPD Makassar Jadi Proyek Percontohan Zona Bebas Korupsi

maiwanews – Ketua Ombudsman Kota Makassar, Andi Ihwan Patiroy mengatakan kegiatan pencanangan zona pakta integritas rencananya akan dilaksanakan Ombudsman pada bulan September hingga Desember 2020 mendatang. Ada di tiga SKPD milik Pemkot Makassar sebagai proyek percontohan pelayanan prima dan birokrasi bersih.

Rencana kegiatan itu dilaporkan Ihwan kepada Pejabat (Pj) Walikota Makassar Rudy Djamaluddin Selasa 18 Agustus di ruang kerja walikota. Dalam kunjungan itu Ihwan melaporkan bahwa Ombudsman telah eksis di Kota Makassar untuk memberi pelayanan poblik. Ombudsman di Makassar terbentuk sesuai perwali No 2 tahun 2019.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Rumah Sakit Daya, PTSP, dan Disdukcapil, menjadi proyek percontohan (pilot project) zona pakta inegritas.

Pj. Walikota Rudy Djamaluddin berharap Ombudsman tidak hanya sebagai penyelenggara, tapi juga menjadi jembatan membantu pemerintah kota memotret kondisi pelayanan publik di masyarakat. Ombudsman diperlukan untuk membantu pemerintah, Kebijakan pemerintah secara menyeluruh tidak akan mampu memuaskan seluruh keinginan masyarakat, demikian diungkapkan Pj. Walikota Rudy.

Ombudsman Makassar juga menyerahkan hasil temuan terkait masalah sistem Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP negeri se-kota Makassar. Dalam sebuah Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) telah disepakati kerjasama dengan Dinas pendidikan kota Makassar terkait pemantauan PPDB tingkat SD dan SMP. “Hari ini kami laporkan beberapa temuan, langsung kami serahkan ke Prof. Rudy”, ungkap Ihwan. (Pemkot Makassar/Hidayat)