TikTok dan WeChat Terancam Setop Operasi di AS

maiwanews – TikTok dan WeChat terancam berhenti beroperasi di Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Donald Trump Kamis 6 Agustus mengeluarkan perintah untuk melarang penggunaan kedua aplikasi itu. TikTok merupakan aplikasi video milik ByteDance, WeChat adalah layanan komunikasi milik Tencent, keduanya berasal dari China.

Perintah eksekutif Presiden Trump itu dikeluarkan setelah ia mengatakan pemerintahnya sedang meningkatkan upaya membersihkan aplikasi buatan China dari jaringan digital Amerika Serikat (AS). Menurut Presiden Trump, TikTok dan WeChat merupakan ancaman signifikan terhadap keamanan Amerika.

TikTok dituding berpotensi dipakai oleh Partai Komunis China untuk menebar kampanye disinformasi, karena itu harus diambil tindakan tegas demi melindungi keamanan nasional.

Adapun WeChat, Presiden Trump dalam perintahnya mengatakan aplikasi itu secara otomatis mengumpulkan banyak data dan informasi dari penggunanya. Data dan informasi tersebut memungkinkan Partai Komunis China mengakses informasi pribadi dan informasi milik warga Amerika.

Terkait berita mengenai rencana pembelian TikTok oleh Microsoft, Presiden Trump menyatakan dukungannya dengan syarat pemerintah Amerika mendapat bagian substansial dari harga penjualannya. (VoA/ii/ft)