Tim Dosen Unismuh Makassar Gelar PKM di Desa Kalukuang, Takalar

TIM DOSEN UNISMUH-07102022
Dosen Unismuh Makassar, Jumat, 7 Oktober 2022,  melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) “Pendampingan dan Pembuatan Kimbab (Korea Food) pada Kelompok Usaha Kemandirian Masyarakat sebagai alternatif peluang bisnis kuliner di Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar”.(Foto: Andi Amran).

maiwanews – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar. Kegiatan PKM ini dalam bentuk pendampingan dan pembuatan Kimbab (Korea Food) pada kelompok usaha kemandirian masyarakat sebagai alternatif peluang bisnis kuliner di Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.

Kegiatan yang diikuti 25 orang dipimpin Andi Amran Asriadi, S.P., M.Pd., M.P. Dan sebagai anggotanya Firmansyah, S.P., M.Si. dan Ir. Nailah Husain, M.Si, bersama Mitra Usaha Mandiri PKM oleh Ika Karina, S.P, serta ada tiga orang mahasiswa yang ikut juga dilibatkan dalam kegiatan PKM ini.

Materi yang disajikan dalam kegiatan PKM ini yakni pemateri Firmansyah, S.P., M.Si. mengenai bahwa pendampingan Kimbab pada usaha kemandirian masyarakat melihat suatu perkembangan ekonomi masyarakat karena produk kuliner kurang dilakukan oleh orang lain. Sedangkan pemaparan materi, Andi Amran Asriadi, S.P., M.Pd, M.P., membahas tentang pelatihan pembuatan Kimbab, pengembangan kemasan, serta pemasaran produk Kimbab dengan mudah dipasarkan secara online melalui Facebook, WhatsAPP.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat disambut baik masyarakat dengan kedatangan kami, selain itu penyampaian kepala BPD mewakili pemerintah desa kalukuang menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Muhammadiyah Makassar., yang menyelenggarakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempengaruhi efek kebangkitan usaha mandiri di bidang kuliner di masa depan Pemerintah Desa Kalukuang,” ucap Andi Amran Asriadi, Jumat (07/10/2022).

Pada saat evaluasi materi pelatihan pendampingan kimbab (korea food), kegiatan dikomunikasikan kepada peserta melalui diskusi dan tanya jawab. Para peserta sangat antusias dan mengikuti kegiatan sampai akhir. Pendampingan pengabdian masyarakat ini menawarkan sebuah perubahan dan memanfaatkan potensinya untuk memulai usaha bisnis kuliner sehingga menjadi masukan usaha mandiri kepada masyarakat setempat dan pemerintah desa.

Adapun turut hadiri dalam acara ini yaitu kepala BPD mewakili pemerintah desa, pengurus bumdes, tarang taruna, dan tokoh masyarakat.,di kegiatan PKM dilaksanakan Kantor Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.(Andik)