Tingkatkan Hubungan Militer, Armada Laut Iran Berlabuh di Indonesia

Armada Kapal Perang Iran. (Foto: Tasnim)

maiwanews – Armada kapal perang ke 66 Angkatan Laut Iran merapat di ibukota Indonesia Jakarta sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan hubungan militer antara kedua negara. Menurut kantor humas Angkatan Laut Iran, komandan armada perang ke-66, Kapten Ehsan Nasiri, (dikutip Tasnim News Agency) mengatakan armada tempur dan pelatihan berlabuh di Jakarta setelah 25 hari berlayar dan mengibarkan bendera Republik Islam Iran di perairan internasional.

Dia lebih jauh mengatakan bahwa armada itu dijadwalkan untuk tinggal di Jakarta selama tiga hari, di mana pasukan akan bertemu dengan komandan militer senior Indonesia. Armada Iran juga berencana untuk berpartisipasi dalam beberapa kompetisi olahraga dengan personel Angkatan Laut Indonesia.

Bulan lalu, armada pelatihan berangkat dari kota pelabuhan selatan Bandar Abbas ke laut lepas.

Dalam beberapa tahun terakhir, pasukan angkatan laut Iran telah meningkatkan kehadiran mereka di perairan internasional untuk mengamankan rute angkatan laut dan melindungi kapal dagang dan kapal tanker minyak dari bajak laut.

Selasa 29 Oktober 2019 lalu armada ke-64 Angkatan Laut Iran berangkat dari pantai Selatan negara untuk misi di perairan internasional. Armada berlayar menuju laut lepas segera setelah kembalinya armada laut ke-63, yang melakukan perjalanan 15.000 mil laut di perairan internasional selama misi 100 hari.

Sejalan dengan upaya internasional untuk memerangi pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden untuk melindungi kapal-kapal dalam aktifitas perdagangan maritim, terutama kapal dan tanker minyak milik Iran atau disewa Iran. (Tasnim)