TNI Angkatan Laut Resmikan Tiga Kapal Perang Buatan Indonesia

maiwanews – TNI Angkatan Laut meresmikan tiga kapal perang buatan putra dan putri Indonesia di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Selasa 10 Januari 2017. Ketiganya akan digunakan TNI AL sebagai kapal patroli cepat.

Peresmian ketiga kapal bernama KRI Tatihu dengan nomor lambung 853, Layaran 854, dan Madidihang 855 tersebut, turut disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Ketiga kapal ini dibuat mulai Juni 2015 sampai November 2016 oleh anak bangsa melalui PT Palindo Marine Shipyard bermesin penggerak MTU/2480 HP dan masing-masing kapal diawaki 36 orang kru dari satuan Angkatan Laut.

Kepala Staf Angkatan (KSAL) Laut Laksamana TNI Ade Supandi menjelaskan, penambahan kekuatan armada tempurnya dilakukan oleh TNI Angkatan Laut (AL) guna menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia.

Dengan penambahan kekuatan itu, KSAL berharap, ketiga KRI beroperasi menjalankan tugasnya sesuai dengan nama-namanya dalam rangka mendukung tugas TNI AL mengamankan perairan Nusantara.

“KRI Tatihu, KRI Layaran, dan KRI Madidihang yang merupakan ikan-ikan pemburu dengan kecepatan tinggi. Semoga dengan bertambahnya kapal KRI ini bisa semakin amannya perairan kita,” kata KSAL.

Dilengkapi persenjataan canggih dan modern dengan kecepatan 26,00 knot, ketiga kapal perang bermaterial aluminium ini akan bertugas di perairan Indonesia khususnya wilayah timur.