Trump Batal Akhiri Gugus Tugas COVID-19

maiwanews – Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencananya untuk mengakhiri Gugus Tugas COVID-19. Hari Rabu 6 Mei dia mengatakan akan mempertahankan gugus tugas virus corona tanpa batas waktu.

(Ilustrasi: TheDigitalArtist)

Presiden Trump juga memutuskan untuk kembali fokus pada upaya untuk memastikan rakyat Amerika Serikat (AS) tetap aman serta membuka kembali kegiatan perekonomian.

Sebelumnya Presiden Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, selaku pimpinan respons pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap pandemi korona hari Selasa mengatakan, Gugus Tugas Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) akan mulai berkurang perannya pada akhir Mei atau awal Juni dan tanggung jawabnya akan dialihkan ke berbagai lembaga dan pejabat pemerintah.

Presiden Trump hari Selasa dalam kunjungan ke sebuah pabrik produsen masker di Phoenix, Arizona, mengatakan kepada para wartawan bahwa Gugus Tugas COVID-19 telah melaksanakan pekerjaan hebat, dan kini pihaknya meninjau sebuah bentuk lain, dan itu adalah keselamatan dan pembukaan ekonomi.

Rencana menghentikan Gugus Tugas COVID-19 kemudian menuai kecaman. Sejumlah pengecam menyatakan tidak setuju dengan rencana Presiden Trump tersebut.

Ia akhirnya mengambil taktik baru dengan sebuah pengumuman lewat Twitter, “Gugus Tugas akan diteruskan tanpa batas waktu dengan fokusnya pada KEAMANAN & PEMBUKAAN KEMBALI NEGARA KITA. Kami dapat menambah atau mengurangi orang, jika perlu. Gugus Tugas juga akan sangat fokus pada Vaksin & Terapi”.

Pihak berwenang Amerika melaporkan 1,2 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 70 ribu korban meninggal. (VoA/lt/ii)