Turki-Angola Sepakat Tingkatkan Volume Perdagangan

Presiden Angola Joao Manuel Goncalves Lourenco (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dalam konferensi pers bersama. Ankara Turki, Selasa 27 Juli 2021.

maiwanews – Turki dan Angola sepakat meningkatkan volume perdagangan menjadi 500 juta USD pada tahap pertama. Saat ini volume perdagangan kedua negara sebesar 176 juta dolar. Angka ini dinilai terlalu rendah bagi kedua negara.

Kesepakatan itu terungkap dalam konferensi pers bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Angola Joao Manuel Goncalves Lourenco selasa 27 Juli di kompleks kepresidenan Turki usai keduanya melakukan tatap muka dan pertemuan antara delegasi kedua negara.

Menteri terkait kedua negara akan mengambil langkah-langkah baik melalui Exim atau melalui pinjaman dari luar negeri oleh para pengusaha.

Pda konferensi pers itu Presiden Erdogan mengatakan bahwa kedua kepala negara akan mengadakan pertemuan komprehensif, di mana mereka membahas semua bidang mengenai politik, militer, ekonomi, perdagangan, budaya, dan industri pertahanan. Ia menambahkan bahwa ini telah pertemuan tingkat tinggi keduanya dengan Presiden Lourenco sejak pertemuan mereka di sela-sela KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) BRICS (Brazil, Russia, India, China and South Africa) pada 2017. (z/Kantor Kepresidenan Turki)