Turki-Polandia Sepakati Jual Beli “Drone” Tempur

maiwanews – Turki dan Polandia menandatangani kesepakatan jual beli 24 drone tempur. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keyakinan bahwa kerja sama kedua negara akan terus berlanjut. Hal itu disampaikan dalan konferensi pers bersama dengan Presiden Polandia Andrzej Duda Senin 24 Mei di kompleks kepresidenan.

Ditambahkan bahwa dengan ditandatanganinya dokumen itu maka Turki akan mengekspor pesawat nirawak (unmanned aerial vehicles/UAV) ke negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) dan Uni Eropa (UE) untuk pertama kalinya.

Presiden Erdogan mengklaim Turki sebagai salah satu dari tiga atau empat negara teratas secara global di bidang UAV. Turki naik ke liga raksasa dalam industri pertahanan sebagai hasil dari langkah-langkah dalam 19 tahun terakhir.

Dikatakan pula bahwa Turki adalah salah satu dari 10 negara dengan kemampuan merancang, membangun, dan memelihara kapal perang sendiri. Turki diwakili oleh tujuh perusahaan dalam daftar 100 perusahaan pertahanan teratas dunia.

Dengan kesepakatan kedua negara melalui menteri pertahanan masing-masing, Turki akan mengirim 24 unit pesawat tanpa awak bersenjata dan stasiun kedali darat serta terminal data. Diperkiraan pesawat nirawak pertama akan dikirim tahun depan. (VOA/Kantor Kepresidenan Turki)