Turki: Saatnya Rusia dan Ukraina Berkontribusi Bagi Perdamaian

20220302-recep-tayyip-erdogan-vjosa-osmani-sadriu-1mar-2022
Erodgan dan Osmani-Sadriu dalam konferensi pers bersama usai pertemuan di kompleks kepresidenan Turki. Selasa 1 Maret 2022.

maiwanews – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan Ukraina dan Rusia segera melakukan gencatan senjata. Seruan itu disampaikan dalam konferensi pers bersama Presiden Kosovo Vjosa Osmani-Sadriu.

Presiden Erdogan menyampaikan seruan kepada Rusia dan Ukraina untuk menghentikan peenmbakan sesegera mungkin. “Saatnya Rusia dan Ukraina memberi kontribusi bagi perdamaian”, ungkap Presiden Erdogan. Demikian disampaikan pada konferensi pers di Kantor Kepresidenan Turki hari Selasa (01/03/2022).

Turki dikatakan memiliki tentara terbesar kedua dalam aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO). Presiden Erdogan menyatakan mendukung ekspansi NATO.

Terkait keanggotaan di Uni Eropa, Presiden Erdogan menghargai upaya untuk mengakui Ukraina sebagai bagian dari Uni Eropa. Menurutnya, ini adalah perkembangan bagus. Namun ia menyayangkan mengapa anggota UE (Uni Eropa) masih takut, atau ragu untuk mengakui Turkiye ke dalam UE.

“Saya meminta negara-negara anggota UE untuk menunjukkan kepekaan kepada Turki sebagaimana mereka tunjukkan terhadap Ukraina”, ujar Presiden Erdogan. (z)