Tutup “OPOP Expo”, Khofifah Harap Transformasi Digital Tumbuhkembang

maiwanews – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menutup One Pesantren One Product (OPOP) EXPO 2021 yang diadakan di Icon Mall Gresik, Jawa Timur, Minggu (28/11/2021).

Dalam sambutannya Khofifah Indar Parawansa mengatakan, samsat OPOP ini sangat sederhana karena dapat diakses oleh masyarakat luas dan mempermudah melakukan pembayaran pajak dari beberapa item.

Karena saat ini kata dia, semua sektor kehidupan sudah melakukan transformasi digital. Tak terkecuali OPOP Jatim ujarnya, juga sudah melalui lompatan transformasi digital, antara lain berupa Samsat OPOP.

Wanita yang pernah menjabat Menteri Sosial ini berharap, proses tarnsformasi digital yang sudah mulai ini untuk terus ditumbuhkembangkan sehingga seluruh energi yang dimiliki oleh pesantren, santri dan alumni santri, menjadi sinergitas yang kuat dari seluruh sistem yang ada atau menjadi suatu ekosistem OPOP

Khofifah menambahkan, yang dimaksud ekosistem OPOP, pesantrenpreneur, santripreneur dan sosiopreneur. Ketiganya ucap dia, di-blanded dalam sebuah format yang bisa mendorong produktivitas pesantren menjadi pesantren yang luar bisa.

Lebih lanjut dikatakan Khofifah, dengan mendapatkannya sertifikasi produk pesantren, santri maupun alumni ini tentu sesuatu yang sudah proven (pembuktian). Kita berharap inovasi dan pengenalan produk-produk yang sepetinya sepele menjadi luar biasa.

Wanita nomor satu Jatim ini menyampaikan bahwa saat ini inovasi yang luar biasa juga sudah dilakukan Bank Jatim, Bank UMKM, PT Pertamina, dan PT Pos, terutama dalam upaya penguatan OPOP Jatim.

Dalam kegiatan penutupan OPOP Expo 2021, Khofifah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama OPOP, Ketua OPOP (Plh. Sekda) dengan KEK Singosari, Dir. KEK Singosari. OPOP, Ketua OPOP (Plh. Sekda), dengan PT Pertamina bersama GM Pertamina.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan Sertifikat Pengawas Koperasi Syariah kepada Koppontren oleh Kepala Kanor Perwakilan BI Jatim dan Penyerahan hadiah Festival Hadrah Banjari oleh Plh. Sekda Prov. Jatim.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan penghargaan kepada Bupati/Walikota juga dilakukan Gubernur Khofifah. Penghargaan ini bentuk atas Kerjasama Bupati/Walikota untuk mewujudkan Nawa Bhakti Satya melalui Jatim Berdaya dalam program OPOP.

Para bupati yang menerima penghargaan yaitu Bupati Gresik, Bupati Lamongan, Bupati Jombang, Bupati Magetan, Bupati Blitar, Walikota Madiun, dan Walikota Probolinggo.

Pada kesempatan ini, gubernur sekaligus meresmikan mobil OPOP sebagai sebuah inovasi baru OPOP Jatim dalam memperluas pasar yang produktif. (i)

BERITA LAINNYA

.