Uji Klinis Vaksin COVID-19 Tahap 3 Dilakukan di Bandung 11 Agustus

maiwanews – Uji klinis tahap ketiga vaksin COVID-19 dijadwalkan 11 Agustus. Vaksin asal China itu akan diujikan kepada 1.620 relawan di 6 lokasi berbeda di kota Bandung Jawa Barat. Namun jumlah relawan belum mencapai target.

Sebelum pengujian dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad), terlebih dahulu dilakukan simulasi uji klinis di FK Unpad, Kamis 6 Agustus siang. DR. Sunaryati Sudigdoadi (anggota tim penguji) mengatakan simulasi ini untuk memberikan gambaran agar masyarakat tahu alurnya, apa keuntungannya dan sebagainya.

Para relawan dikatakan awalnya akan dipastikan belum terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melalui mekanisme tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dan rapid test. Tiga hari kemudian setelah hasil tes PCR keluar, para relawan akan disuntikkan vaksin. Setelah itu relawan akan diberi vaksin lagi dua pekan kemudian. Secara keseluruhan para relawan akan datang lima kali selama enam bulan ke depan. Selama itu relawan dipantau ketat dari segi kesehatan dan responnya terhadap vaksin.

Jika ada gejala corona, relawan harus melapor ke temapt di mana dia direkrut, demikian dijelaskan pakar mikrobiologi tersebut. Ia menambahkan, relawan dengan gejala akan dilakukan pemeriksaan swab, tes PCR lagi, untuk mengetahui apakah gejala-gejala itu gejala COVID-19 bukan. Para relawan juga dijamin asuransi kesehatan.

Meski telah mempersiapkan keperluan uji klinis tahap 3 terhadap kandidat vaksin corona, namum hingga H-5 pengujian, jumlah relawan baru melewati angka 800 orang. Tapi DR. Sunaryanti menyatakan optimis kuota akan terpenuhi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pekan lalu mengatakan pimpinan daerah mengajukan diri jadi relawan uji vaksin. Forkominda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) akan jadi relawan jika tidak terkendala kesehatan pribadi. Dengan demikian masyarakat akan meyakini proses uji vaksin ini berjalan lancar. Demikian diungkapkan dalam konferensi pers, Senin 3 Agustus sore. (VoA/rt/em)