Unggah Foto Hoaks Tol Cisumdawu, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Minta Maaf

maiwanews – Usai mengunggah foto terkait jalan Tol Cisumdawu di Provinsi Jawa Barat yang ternyata tidak benar atau hoaks, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meminta maaf.

“Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya,” tulis Tjahjo Kumolo melalui akun Twitter bernama @tjahjo_kumolo.

Postingan yang ternyata hoaks itu terjadi pada Sabtu (9/10), dimana Tjahjo mengunggah foto yang memperlihatkan sebuah jalan tol yang diberi keterangan bahwa foto itu merupakan jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Bukan hanya itu, akun Tjahjo juga memberikan keterangan bahwa Tol Cisumdawu membelah gunung. Dengan melewati tol tersebut perjalanan dari dan ke Bandung-Tegal memakan waktu 2 jam serta perjalanan dari dan ke Bandung-Semarang memakan waktu 3,5 jam.

Waktu tempuh melalui Tol Cisumdawu menurut Tjahjo, lebih cepat dari perjalanan tanpa tol. Sedianya kata dia, perjalanan dari dan ke Bandung-Tegal tanpa tol memakan waktu 7 jam jika lancar.

Ramai dikomentari karena mengunggah informasi hoaks, Tjahjo kemudian menghapus kicauan dengan foto tersebut. Status hoaks sediri telah disampaikan sebelumnya oleh Kominfo melalui situs resminya.

Ketika itu, sebuah akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi ‘Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit. Namun ternyata menurut Kominfo, gambar itu sebuah jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki.