UNIFA & KEMENPAREKRAF Gelar Bimtek Desa Wisata di Makassar

maiwanews – Universitas Fajar (UNIFA) menggelar Bimbingan Teknis Pendampingan Desa Wisata Regional IIA di Makassar Kamis 10 September. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF).

Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan KEMENPAREKRAF pada kesempatan itu menyampaikan dampak buruk pandemik saat ini sangat terasa bagi dunia pariwisata. Hotel, jasa layanan perjalanan wisata (travel), daerah tujuan (destinasi) wisata, serta bidang pariwisata lainnya kondisinya memprihatinkan.

Meski demikian, dikatakan bahwa tidak boleh kendor, bahkan lebih dipacu lagi untuk meningkatkan potensi wisata, salah satunya pengembangan desa wisata untuk menyongsong era baru.

Sementara Rektor UNIFA Dr. Muliyadi Hamid menyampaikan apresiasi kepada pihak KEMENPAREKRAF atas semangatnya memotivasi Perguruan tinggi untuk bersama membangun destinasi wisata di pedesaan. Rektor Muliyadi juga menyatakan bahwa Kabupaten Pangkep khususnya desa Kabba memiliki 3 daerah berbeda (pegunungan, daratan, dan perairan), dari perbedaan lokasi inilah hendaknya diolah dan dikemas dengan unik sehingga dapat menjadi produk wisata unggulan di Sulawesi Selatan.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini dilaksanakan selama 1 hari dengan menghadirkan masyarakat Desa Kabba. Dalam pelaksanaannya, panitia dan peserta memperhatikan protokol kesehatan, rapid tes sebelum masuk, menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker dengan benar, dan menjaga jarak (social distancing). (Nas)