USS Harry S Truman Terlibat Latihan ‘Neptune Shield 2022’

20220519-kapal-induk-uss-harry-s-truman-6feb2022
Kapal induk USS Harry S Truman di Laut Mediterania. Jumat. 6 Februari 2022

maiwanews – Kapal induk USS Harry S Truman beserta kapal militer Amerika Serikat lainnya terlibat dalam latihan militer besar di Laut Baltik, Adriatik, dan Mediterania. Kapal-kapal ini berada di bawah komando NATO untuk latihan Neptune Shield 2022.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) hari Rabu (18/05/2022) mengatakan, latihan militer Neptune Shield 2022 berlangsung pada 17 hingga 30 Mei. Di Mediterania, kelompok kapal Amerika Serikat telah ditempatkan di bawah komando NATO untuk kedua kalinya tahun ini untuk latihan Neptune Shield 2022.

Selain kapal induk USS Harry S Truman, Grup Siap Amfibi Kearsarge juga telah ditempatkan di bawah komando NATO dan saat ini beroperasi di Laut Baltik untuk serangkaian latihan dengan sekutu dan mitra NATO.

Hari Selasa, NATO mengumumkan adanya aktivitas kewaspadaan Neptune Shield 2022 atau disingkat NESH22. Latihan ini mengintegrasikan kemampuan serangan ekspedisi maritim kelas atas dari aset laut, udara, dan darat.

NESH 22 adalah fase pelaksanaan dari serangkaian kegiatan panjang bernama Proyek Neptunus. Proyek ini dikonseptualisasikan pada tahun 2020 untuk mendukung Komando Pasukan Gabungan Sekutu Brunssum dan Komando Pasukan Gabungan Sekutu Napoli.

NESH 22 akan melibatkan partisipasi banyak negara. Beberapa negara direncanakan untuk bergabung yaitu: Albania, Bulgaria, Kroasia, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lithuania, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Kegiatan ini berfokus pada mengatasi kompleksitas mengintegrasikan komando dan kontrol dari kelompok serangan kapal induk, kelompok siap amfibi, dan unit ekspedisi Marinir ke NATO.

NESH22 dikatakan memungkinkan peserta untuk saling belajar dan memperkuat hubungan dengan Sekutu di wilayah tersebut. NESH 22 berkontribusi bagi keberhasilan aliansi sekaligus meningkatkan kohesi aliansi secara keseluruhan.

Ini juga meningkatkan kemampuan aliansi untuk menjalankan struktur komando dan kontrol secara fleksibel dan bagi semua anggota aliansi untuk berkontribusi pada pertahanan kolektif di benua Eropa.

NATO menyatakan berkomitmen untuk mendukung, mempromosikan, dan beroperasi dalam hukum dan konvensi internasional. Tindakan aliansi selalu bersifat defensif dan proporsional. Kohesi Sekutu NATO dan mitra di kedua sisi Atlantik telah menjaga kawasan itu bebas dari konflik besar selama 70 tahun. (hiu)

BERITA LAINNYA

.