Uzbekistan Desak Dunia Bantu Afganistan

20210911-pengungsi-afganistan
Pengunsi Afganistan naik ke pesawat C-130H di Bandara Internasional Philadelphia di Philadelphia. Mereka akan diterbangkan ke Camp Atterbury. sabtu 11 September 2021

maiwanews – Uzbekistan mendesak komunitas dunia untuk membantu Afganistan. Seruan disampaikan saat musim dingin di Asia Tengah. VOA dalam laporannya Sabtu 11 Desember mengutip pernyataaan Menlu (Menteri Luar Negeri) Uzbekistan Abdulaziz Kamilov bahwa perlu langkah nyata untuk mencegah krisis kemanusiaan di Afganistan.

Menlu Kamilov dalam pernyataan hari Senin di Tashkent mengatakan, masyarakat internasional perlu membantu rakyat Afganistan dengan langkah nyata, tidak hanya sekedar kata-kata.

Pemerintah Uzbekistan membuka infrastrukturnya bagi negara asing dan mitra internasional untuk mengirim bantuan ke Afganistan. Untuk keperluan kemanusiaan, pemerintahan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev memberi izin kepada badan-badan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan organisasi kemanusiaan untuk menggunakan wilayah dan infrastruktur di negaranya.

Infrastruktur itu termasuk bandara, kereta api, dan Jembatan Persahabatan, jembatan ini membentang di atas Sungai Amu Darya, penanda perbatasan Uzbekistan-Afghanistan. Jembatan Persahabatan menghubungkan Termez di Surkhandarya dengan Hairatan di provinsi Balkh, Afganistan. (VOA/hiu)