Vaksin COVID-19 dari Rusia Tiba di Gaza Palestina

Ilustrasi

maiwanews – Sebanyak 1.000 dosis vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) telah tiba di jalur Gaza Rabu 17 Februari. Vaksin Sputnik dikrim oleh otoritas Palestina setelah mendapat persetujuan dari eselon politik.

Menteri Kesehatan (Menkes) Palestina Mai Alkaila mengatakan vaksin bantuan dari Rusia itu cukup untuk disuntikkan ke 1.000 orang.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu Rabu 17 Februari mengatakan vaksin itu dari pasokan Palestina dan penting untuk mengizinkan distribusi ke negara itu karena virus korona dapat dengan mudah menyebar ke Israel.

Sementara ia menghadapi kritik internasional karena kampanye vaksinasi mengecualikan warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza. PM Netanyahu juga mengingatkan masih mengupayakan pemulangan orang Israel dari penahanan di Gaza.

Di Gaza dilaporkan kasus korona telah mencapai 53.000 dengan 538 kematian. Pihak berwenang tidak memberlakukan karantina mengingat kondisi perekonomian di wilayah itu kurang begitu baik. Sejak 2007 ketika Hamas merebut Jalur Gaza dari Otoritas Palestina, wilayah tersebut berada di bawah blokade Israel-Mesir. (VOA)