Vaksin Sputnik 5 dari Rusia Tiba di Venezuela

maiwanews – Vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) buatan Rusia, (Sputnik 5), sebagai kandidat uji klinis tahap tiga tiba di Venezuela Jumat 2 Oktober. Wakil Presiden (Wapres) Venezuela Delcy Rodriguez menyebutnya sebagai saat bersejarah bagi negaranya.

Wapres Rodriguez di bandara saat vaksin diturunkan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin. Pemimpin Rusia itu dinilai telah melegakan dunia berkat pengembangan vaksin korona tersebut.

Vaksin buatan Rusia menggunakan bentuk virus penyebab flu biasa, virus tersebut dimodifikasi untuk membawa gen pemicu lonjakan protein penyelubung virus corona, ini merupakan cara untuk membuat tubuh mengenali apakah sedang terjadi perebakan COVID-19. CanSino Biologics di China dan Oxford University dan AstraZeneca di Inggris juga sedang mengembangkan vaksin serupa.

Pakar medis dunia belum menunjukkan dukungan kuat terhadap vaksin Sputnik 5 buatan Rusia tersebut, uji klinis hingga saat ini dinilai belum memadai.

Presiden Putin Selasa 11 Agustus silam mengatakan negaranya menjadi negara pertama di dunia secara resmi menyetujui vaksin baru COVID-19. Klaim itu disampaikan di hadapan para menterinya dan ditayangkan langsung oleh televisi pemerintah. (VOA/em/pp + VOA/uh/ab)