Video Pencurian Lukisan Van Gogh

Vincent van Gogh saat berusia 19 tahun. (Foto: Jacobus Marinus Wilhelmus de Louw)

maiwanews – Aksi pencurian lukisan Vincent van Gogh di sebuah museum di Belanda tertangkap kamera keamanan. Polisi Belanda merilis video rekaman CCTV Rabu 22 April.

Dalam video tampak pelaku pencurian 30 Maret lalu menggunakan palu untuk menghancurkan pintu kaca di Singer Laren Museum, di Laren, di timur Amsterdam.

Dengan dirilisnya video tersebut, polisi berharap mendapat informasi lebih banyak untuk mempermudah melacak pencurian lukisan karya Van Gogh berjudul “The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884,”. Lukisan itu merupakan pinjaman dari Museum Groninger.

Pelaku pencurian melakukan aksinya dengan memanfaatkan situasi dimana museum sementara ditutup sebagian sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Pencuri berhasil membawa lukisan cat minyak berukuran 25X57 sentimeter. Dalam lukisan itu seseorang berdiri di taman dikelilingi pohon, dengan latar belakang sebuah menara gereja. Lukisan itu dibuat ketika Van Gogh kembali bersama keluarganya ke sebuah kawasan pedalaman di Belanda, dan melukis kehidupan di sana. Selain “The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884,”, Van Gogh saat itu juga membuat lukisan “The Potato Eaters”.

Belum diketahui nilai lukisan tu, namun lukisan-lukisan Van Gogh bernilai puluhan juta dolar di pelelangan. (em/pp/BBG Direct)