Wagub DKI Yakin Anies, Pras dan Taufik tak Terlibat Kasus Lahan DKI

.

maiwanews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi maupun Wakil Ketua DPRD Muh. Taufik diyakini pasti tidak terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Jakarta Timur.

Keyakinan tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).

“Kami yakin Pak Pras, Pak Anies, Pak Taufik yang sudah (dipanggil) tidak terlibat dalam kasus tanah ya. Itu yang kami yakini,” kata Riza.

Riza kembali menekankan, dirinya meyakini baik pihak Pemrov maupun DPRD tidak terlibat dalam kasus-kasus yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK itu.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan lima tersangka dalam kasus ini yakni yakni mantan Direktur Utama Perumda Sarana Jaya Yoory Corneles, Direktur PT Adonara Propertindo Tomy Ardian, Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene, dan Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur Rudy Hartono Iskandar.

KPK menengarai sejumlah keganjilan yang mengarah ke dugaan korupsi di kasus ini yakni pembelian tanah tidak disertai kajian kelayakan objek, pembelian tanah tidak dilengkapi dengan kajian apprasial dan tanpa didukung kelengkapan persyaratan yang berlaku.

Keganjilan lain adalah pembelian tanah tidak sesuai dengan prosedur dan dokumen pembelian tidak disusun secara tanggal mundur dan adanya kesepakatan harga awal yang dilakukan Anja dan Perumda Sarana Jaya sebelum proses negosiasi dilakukan.