Wagub Jatim Saksikan Seremoni Kirab Megengan di Grahadi

maiwanews – Minggu (11/4), di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Wakil Gubernur Emil mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyaksikan acara pembukaan Kirab Megengan. Kirab dilakukan gabungan ASN bersama TNI dan Polri sebanyak 11 orang dengan formasi 1-4-4-2 sesuai tahun hijriyah.

“Tadi kita menyaksikan kirab apem yang membentuk formasi 1-4-4-2. Jumlah 11 orang seperti tim sepak bola. Insyaallah ini formasi menang untuk menjemput hari kemenangan pada Idul Fitri nanti dan semoga menuju selesainya pandemi dalam waktu yang tidak lama lagi,” kata Emil.

Ia berharap tradisi megengan menjadi sebuah motivasi membangun solidaritas, keikhlasan, kebersamaan, serta memperkuat iman dan taqwa. Mengengan ini dipakai oleh salah satu Wali Songo dari akulturasi budaya lokal dan budaya Islam, megengan merupakan media dakwah untuk menjemput awal bulan puasa dengan memperbanyak sedekah dan saling memberi.

Emil menambahkan, tradisi megengan juga dilakukan ziarah kubur., yang Artinya untuk mengingatkan kita akan kematian. Ramadhan kali ini sama dengan tahun lalu, yakni masih di masa pandemi yang harus tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun kita sudah bisa menjalankan sholat tarawih “Insya Allah kita bisa meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan 1442 Hijriyah kali ini,” ujar Emil, (FL/Kominfo Jatim)