Walau Sudah Terkendali, PPKM Luar Jawa-Bali Kembali Diperpanjang

maiwanews – Kondisi pandemi covid-19 secara keseluruhan sudah mulai membaik dengan tingkat reproduksi kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini rata-rata masih berada pada angka 0,98.

Meski begitu, untuk mengantisipasi penyebaran varian baru seperti omicron, pemerintah tetap memperpanjang penerapan PPKM di luar Jawa-Bali selama 14 hari. Perpanjangan ini mulai sejak tanggal 4 hingga 17 Januari 2022.

“Walaupun secara keseluruhan sudah terkendali, khusus di luar Jawa-Bali akan ada perpanjangan (PPKM) waktunya 14 hari yakni 4-17 Januari 2022,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Senin (3/1/2022).

Airlangga mengatakan, jumlah daerah yang berstatus PPKM Level 1 meningkat menjadi sebanyak 227 kabupaten/kota, dari sebelumnya sebanyak 159 kabupaten/kota. Kemudian kata dia, daerah dengan status PPKM Level 2 jumlahnya menurun dari 169 kabupaten/kota, menjadi sebanyak 148 kabupaten/kota.

Sementara untuk daerah dengan status PPKM Level 3 sambung Airlangga, turun menjadi sebanyak 11 kabupaten/kota, dari sebelumnya sebanyak 26 kabupaten/kota. Sementara untuk daerah dengan PPKM Level 4 lanjutnya, jumlahnya nol kabupaten/kota

Dikatakan Airlangga, sejauh ini daerah-daerah dengan PPKM Level 2 dan 3 umumnya dari segi penanganan Covid-19 sudah di Level 1. Meski demikian ujarnya, masih banyak daerah yang tingkat vaksinasinya belum mencapai 70 persen.