Waspadai Hujan Intensitas Ringan Disertai Petir di Jatim

maiwanews – Senin (12/4) Kepala Seksi Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, mengatakan, kelembapan udara 65 hingga 100 persen. cuaca pada umumnya cerah berawan dengan suhu udara berada pada kisaran 15-33 derajat celcius.

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memperkirakan di wilayah Jawa Timur (Jatim) untuk Selasa (13/4) berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan disertai petir pada siang hingga sore.

Wilayah Surabaya, Pacitan, Malang, Situbondo, Pasuruan, Jombang, Probolinggo, Madiun, Magetan, Sampang, dan Sumenep, dalam kondisi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Bondowoso, Mojokerto, Ngawi, Lamongan, Gresik, Pulau Bawean, pamekasan, dan Batu terjadi hujan petir. Kecepatan angin maksimum di Samudera Hindia selatan Jawa Timur sebesar 9 knots dan Laut Jawa bagian timur 14 knots.

Setelah terjadi Siklon Tropis atau badai seroja beberapa waktu lalu, akan muncul Siklon Tropis Odette, dari pantauan pada Jumat (9/4) berada di 14 derajat Lintang Selatan (LS) dan 107 derajat bujur Timur (BT), atau sekitar 780 km selatan barat daya dari Cilacap, namun diketahui telah menjauh dari wilayah Jatim.

Dampak Siklon Tropis Odette tersebut mengakibatkan gelombang perairan di sebelah Barat Bengkulu hingga Barat Lampung, Selatan Jawa mulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, sebelah selatan Bali, dan Selatan Nusa Tenggara Barat.

Sementara tinggi gelombang di Samudera Hindia selatan Jatim antara 1,3 – 3,0 meter. Di beberapa daerah seperti perairan Selat Madura dan di Laut Jawa bagian Timur kondisi gelombang diperkirakan 0,2 – 0,8 meter. (FL/Kominfo Jatim)