Xi Jinping dan Biden Bahas Hubungan Bilateral AS-China

20150925-xi-jinping
Presiden China Xi jinping di Deplu AS Wahington D.C. 25 September 2015.

maiwanews – Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS (Amerika Serikat) Joseph R Biden Jumat 10 September melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon terkait hubungan bilateral kedua negara. Presiden Jinping menyebut hubungan kedua negara mengalami kesulitan serius. Hal itu tidak melayani kepentingan fundamental rakyat kedua negara.

Penanganan terhadap hubungan kedua negara menurut Presiden Jinping akan berpengaruh terhadap masa depan dunia. Jika China dan AS bekerja sama, kedua negara dan dunia akan diuntungkan, jika keduanya berkonfrontasi maka keduanya dan negara-negara lainnya akan menderita. Hubungan bilateral harus dilakukan dengan baik.

Dalam sambungan telepon itu Presiden Jinping menguraikan posisi China tentang perubahan iklim dan isu-isu lainnya. Dia menekankan bahwa China terus memprioritaskan konservasi ekologis dan mengupayakan terciptanya jalur hijau dan rendah karbon menuju pembangunan, dan telah mengambil inisiatif untuk secara aktif memikul tanggung jawab internasional sesuai dengan kondisi nasional China.

Presiden AS Joe Biden mengaku hubungan kedua negara sangat penting, masa depan sebagian besar dunia bergantung bagaimana As dan China bergaul satu sama lain. Kedua negara tidak tertarik untuk membiarkan persaingan berubah menjadi konflik. Pihak AS tidak memiliki niat untuk mengubah kebijakan satu-China.

Presiden Joe biden mengatakan siap melakukan lebih banyak pertukaran terbuka dan diskusi konstruktif dengan China/Tiongkok untuk mengidentifikasi bidang-bidang utama dan prioritas di mana kerja sama dimungkinkan, menghindari miskomunikasi, salah perhitungan, dan konflik, dan mengembalikan hubungan AS-Tiongkok ke jalurnya. Pihak AS menantikan lebih banyak diskusi dan kerja sama dengan China untuk mencapai posisi lebih umum tentang perubahan iklim dan masalah penting lainnya.

Kedua kepala negara sepakat bahwa komunikasi mendalam antara mereka tentang hubungan China-AS dan isu-isu internasional utama sangat penting untuk mengarahkan hubungan bilateral ke arah lebih baik. Mereka sepakat untuk mempertahankan kontak melalui berbagai cara dan menginstruksikan pejabat di tingkat kerja untuk mengintensifkan pekerjaan, melakukan dialog ekstensif, dan menciptakan kondisi untuk pengembangan lebih lanjut dari hubungan China-AS. (z/Kemenlu China)