Xie Feng Sebut Hubungan China-AS Menemui Jalan Buntu

Wamenlu China, Xie Feng. Kamis 26 Februari 2009.

maiwanews – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) China Xie Feng Senin 26 Juli bahwa hubungan China-AS sekarang menemui jalan buntu dan menghadapi kesulitan serius karena sebagian orang Amerika Serikat menggambarkan negaranya sebagai musuh imajiner.

Pernyataan itu disampaikan Wamenlu Xie Feng dalam pertemuan dengan Wamenlu Amerika Serikat (AS) Wendy Sherman di Tianjin, China. Selain bertemua Wamenlu Xie Feng, Wamenlu Sherman berada di China juga untuk melakukan pertemuan dengan Penasihat Negara serta Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Ia menjelaskan, sebagian orang Amerika mengangkat “momen Pearl Harbor” dan “momen Sputnik” jika berbicara tentang konflik dengan China (Tiongkok). Artinya, mereka membandingkan China dengan Jepang dalam Perang Dunia Kedua dan Uni Soviet dalam Perang Dingin.

Mantan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Indonesia pada periode 2014-2017 itu mengatakan mungkin isu China dinilai dapat mengalihkan ketidakpuasan publik domestik AS.

Menurut Wamnelu Xie Feng, tampaknya kampanye seluruh pemerintah dan seluruh masyarakat AS sedang dilancarkan untuk menjatuhkan China. AS dikatakan terus membuat masalah dengan China. Wamnelu Xie Feng mendesak AS untuk mengubah pola pikirnya. (z/Kemenlu China)