Yoshihide Suga akan Mundur dari Jabatan PM Jepang

20210104-yoshihide-suga
Yoshihide Suga di kediaman resmi di daerah Chiyoda, Tokyo Metropolis. Senin 4 Januari 2021.

maiwanews – Yoshihide Suga akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM (Perdana Menteri) Jepang. Jumat 3 September ia menyatakan tidak akan ikut pemilihan ketua/presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) akhir bulan ini di mana saat ini ia menjabat sebagai presiden partai.

Pemilihan presiden partai LDP rencananya digelar pada tanggal 29 September, pemenang pada pemilihan itu otomatis menjadi perdana menteri karena LDP memiliki mayoritas suara dim majelis rendah. Presiden/ketua partai terpilih nantinya sekaligus akan menggantikan posisi Yohihide Suga sebagai perdana menteri.

PM Suga memutuskan untuk mundur setelah kurang lebih satu tahun masa jabatannya. Keputusna itu datang seiring dengan turunnya dukungan terhadap PM Suga hingga di bawah 30 persen. Sementara pemerintahannya mengalami kesulitan dalam menghadapi pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Perdana menteri sebelumnya, Shinzo Abe, juga mundur pada bulan September 2020. Abe mundur dengan alasan kondisi kesehatannya memburuk.

Menghadapi pemilihan ketua partai LDP, mantan menteri luar negeri (menlu), Fumio Kishida, dikabarkan mengincar posisi ketua partai. Hari Kamis ia mengkritik kebijakan PM Suga dalam menghadapi pandemi COVID-19. Ia juga mendesak paket stimulus untuk memerangi pandemi. (z/VOA)