Zelenskyy Bertekad Kembalikan Donbas dan Krimea ke Ukraina

20220824-volodymyr-zelenskyy-pub24agu2022
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Dipublikasikan Rabu, 24 Agustus 2022. (Foto: Kantor Kepresiden Ukraina)

maiwanews – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan tekad untuk mengembalikan Donbas dan Krimea ke Ukraina. Semua 25 wilayah adalah bagian dari Ukraina, tanpa konsesi atau kompromi.

Enam bulan lalu, Rusia menyatakan perang terhadap Ukraina. Pada 24 Februari, seluruh Ukraina mendengar ledakan dan tembakan.

Demikian disampaikan Presiden Zelenskyy Rabu (24/08/2022) pada peringatan kemerdekaan Ukraina ke-31, bertepatan 6 bulan (hari ke-182) invasi (operasi militer) Rusia. Ukraina memisahkan diri dari Uni Soviet dan menyatakan kemerdekaan pada 24 Agustus 1991.

“Pada 24 Februari, kami diberitahu: Anda tidak punya kesempatan. Pada tanggal 24 Agustus, kami mengucapkan: Selamat Hari Kemerdekaan, Ukraina”, tegas Presiden Zelenskyy.

Selama enam bulan ini, Ukraina dikatakan mengubah sejarah, mengubah dunia, dan mengubah diri sendiri. Sekarang terlihat siapa teman atau saudara.

Ukraina bertahan selama enam bulan. Presiden Zelenskyy mengakui kondisi tersebut terbilang sulit, tetapi rakyat Ukraina mengepalkan tinju berjuang untuk nasib mereka sendiri.

Presiden Zelensky menyatakan, setiap hari baru adalah alasan baru untuk tidak menyerah. “Apa akhir perang bagi kita? Kami biasa mengatakan: damai. Sekarang kita katakan: kemenangan”, ujarnya.

‘Kami tidak duduk di meja perundingan karena takut, dengan pistol diarahkan ke kepala kami. Bagi kami, besi paling mengerikan bukanlah rudal, pesawat terbang, dan tank, tetapi belenggu. Bukan parit, tapi belenggu”, papar Presiden Zelenskyy. (z/Kantor Kepresidenan Ukraina)