Zelenskyy Indikasikan Hadir di KTT G20 Secara Virtual

20220423-volodymyr-zelenskyy-22apr2022
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam tayangan video menyerukan semua warga berjuang untuk kemenangan. Jumat 22 April 2022.

maiwanews – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengindikasikan rencana mengikuti KTT G20 secara virtual. Ia tidak dapat meninggalkan negaranya, ia ingin tetap berada di sana bersama rakyat Ukraina.

Sebuah unggahan video hari Jumat (27/05/2022) di akun Instagram @zelenskiy_official, Presiden Ukraina menyampaikan terima kasih atas undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri KTT G20. “Saya menerima undangan ini”, kata Presiden Zelenskyy.

Harapannya, pertemuan nanti hanya dihadiri negara bersahabat, tidak oleh penjajah. Kepada bangsa Indonesia, ia menekankan dalam video itu bahwa semakin cepat tanah dibebaskan, semakin banyak orang andal di mana pun di dunia akan dilindungi.

Presiden Zelenskyy menambahkan, jika dunia benar-benar bersatu dan jujur tentang agresi Rusia ini terhadap negara berdaulat kita, kecepatan mengakhiri perang ini akan diukur dalam beberapa pekan, tidak sampai hitungan bulan.

Ia meminta masyarakat Indonesia medoakan perdamaian di Ukraina dan kebijaksanaan dunia agar damat menyelamatkan kemanusiaan dari berbagai ancaman.

Dalam tayangan video hari Jumat (27/05/2022), Presiden Zelenskyy mengatakan, ia dan rakyat Ukraina perlu untuk saling memberi dukungan. Ia menyatakan keinginan untuk hadir pada KTT G20 (Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20) andaikan negaranya tidak sedang dilanda perang. VOA melaporkan hari Sabtu (28/05/2022).

Namun jika perang masih berlanjut, Presiden Zelenskyy akan menghadiri KTT di Bali pada bulan November mendatang secara virtual jika diperbolehkan. (z)