Zelenskyy Kunjungi Tentara dan Nakes di Ukraina Selatan

20220320-volodymyr-zelenskyy-serukan-negosiasi-19mar2022
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerukan negosiasi soal perang dengan Rusia. Sabtu, 19 Maret 2022.

maiwanews – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi bagian Selatan negara itu. Di garis depan wilayah Mykolaiv dan Odesa, ia menemui tentara, polisi, garda nasional, maupun pertahanan teritorial.

“Suasana hati mereka percaya diri, dan menatap mata mereka jelas bahwa mereka semua tidak meragukan kemenangan kita”, kata Presiden Zelenskyy dalam pidatonya sebagaimana disampaikan Kemenhan (Kementerian Pertahanan) Ukraina hari Minggu (19/06/2022).

Pada lawatannya ke Selatan, Presiden Zelenskyy menyampaikan terima kasih kepada para pejuang di garis depan atas untuk layanan terhadap perlindungan negara. “Terima kasih kepada orang tua dari anak-anak pemberani tersebut. Benar-benar sangat kuat.”, jelas Presiden Zelenskyy.

Kedatangannya ke Selatan sekaligus menegaskan tekad mempertahankan wilayah itu dari serangan Rusia. “Kami tidak akan memberikan selatan kepada siapa pun’, terang Presiden Zelenskyy.

Baik di Mykolaiv maupun Odesa Presiden Zelenskyy menemui militer dengan semua pejabat penanggung jawab pertahanan dan pemeliharaan kedua wilayah ini. Dari mereka, Presiden Zelenskyy mendengarkan laporan tentang penghancuran daerah oleh serangan Rusia. Kerugian akibat perang terbilang signifikan. Banyak rumah hancur, logistik sipil terganggu, banyak masalah sosial.

Menyinggung masalah ekonomi maupun sektor pertanian, ia dalam pidatonya menyampaikan, segera setelah kondisi keamanan bisa dipastikan melalui mediasi internasional, Ukraina akan melakukan segala kemungkinan untuk melawan krisis pangan di seluruh dunia akibat perang Rusia.

Selain bertemu dengan militer, Presiden Zelenskyy juga mengunjungi fasilitas kesehatan. Di rumah sakit di kedua kota tersebut ia menyampaikan terima kasih kepada para dokter dan perawat. “Mereka adalah pahlawan kita, pada malam Hari Pekerja Medis (Medical Workers’ Day -red), saya mengucapkan selamat kepada mereka atas liburan profesional mereka”, ucapnya. (z)