Iran Kecam Tudingan AS Menyusul Insiden Tanker “Mercer Street”

Ilustrasi bendera Iran.

maiwanews – Iran merespon tudingan Amerika Serikat (AS) menyusul serangan terhadap kapal tanker Mercer Street. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran Saeed Khatibzadeh Senin 2 Agustus mengecam keras dan sangat menyesali tuduhan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS dan Inggris.

Saeed Khatibzadeh menyebut pernyataan menlu kedua negara itu tidak berdasar dan berisi tuduhan kontradiktif, salah, dan provokatif. Keduanya dikatakan tidak memberikan bukti atau dokumen apapun sebagai dasar atas tuduhan mereka. Mereka harus menyajikan bukti atas klaim mereka.

Juru bicara itu mengklaim Iran sebagai advokat dan pendukung navigasi aman bagi kapal di Teluk Persia dan perairan internasional. Iran merupakan negara dengan perbatasan laut terpanjang di Teluk Persia, Iran selalu siap untuk bekerjasama dengan negara-negara regional untuk memastikan keamanan maritim.

Dia juga mencatat bahwa Iran menganggap kehadiran dan campur tangan pasukan ekstra-regional di perairan Teluk Persia dan negara-negara pesisirnya berbahaya bagi stabilitas dan keamanan kawasan.

Khatibzadeh mengingatkan bahwa Iran tidak ragu-ragu dalam melindungi keamanan dan kepentingan nasionalnya dan akan segera dan dengan tegas menanggapi setiap kemungkinan.

Sebelumnya, Antony J Blinken Minggu 1 Agustus menyampaikan keyakinannya bahwa serangan terhadap kapal tanker Mercer Street Kamis 29 Juli dilakukan oleh Iran. (z/Kemenlu Iran)

BERITA LAINNYA

.