Jerman Perkirakan Hentikan Impor Minyak Rusia Akhir Musim Panas

20220502-ilustrasi-krisis-minyak-rusia
Ilustrasi krisis minyak Rusia.

maiwanews – Jerman memperkirakan dapat menghentikan impor minyak dari Rusia pada akhir musim panas. Jerman mengklaim telah mencapai kemajuan dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dari Rusia.

Menteri Ekonomi dan Iklim Jerman Robert Habeck mengatakan, negaranya telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi impor minyak dan energi lainnya dari Rusia. Dalam pernyataan pada hari Minggu (01/05/2022), Menteri Habeck menjelaskan, pengurangan impor energi dari Rusia untuk minyak mencapai 12 persen, batu bara 8 persen, dan gas alam 35 persen.

Ia mengakui, kebijakan mengurangi impor dari Rusia berdampak pada peningkatan beban bagi perekonomian dan konsumen. Namun menurutnya, perlu dilakukan langkah-langkah mengurangi ketergantungan agar tidak mudah menjadi bahan perasan.

Salah satu upaya Jerman mengurangi ketergantungan utamanya dari Rusia adalah berencana mempercepat konstruksi terminal bagi gas alam cair atau Gas Alam Cair (Liquefied Natural Gas/LNG).

Pernyataan Menteri Habeck disampaikan saat Uni Eropa sedang membahas opsi melakukan embargo terhadap minyak Rusia. Rencananya, Uni Eropa melarang impor batu bara dari Rusia mulai bulan Agustus. (VOA/z)