Kapolda Metro: Jangan Bentak-bentak Masyarakat

irjen-sutarmanmaiwanews – Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman meminta setiap anggota Babinkantibmas untuk tidak membentak jika datang ke masyarakat. Polisi harus bisa memberikan trust atau kepercayaan kepada seluruh anggota masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kapolda pada acara ‘Tatap Muka Kapolda Metro Jaya dengan Babinkantibmas dalam Rangka Mengimplementasi Polmas’, di Aula Balai Pertemuan Metro Jaya, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin 29 Maret 2011.

“Babinkantibmas harus memberikan trust kepada masyarakat, jangan bentak-bentak kalau datang ke masyarakat, jangan lihat-lihatin pistol. Bila masyarakat aman, nyaman, tanpa pamrih,  itulah yang namanya trust,” kata Sutarman.

Kapolda juga mengimbau kepada jajaran Babinkantibmas agar mampu memetakan wilayah tugasnya masing-masing. Maksudnya kata Kapolda, agar setiap anggota dapat menjalankan tugasnya secara maksimal termasuk terhindar dari teror.

Kapolda juga meminta setiap anggota Babinkantibmas untuk tidak melakukan tindakan penegakan hukum. Karena penegakan hukum seperti menangkap apalagi sampai mengejar-ngejar katanya, diserahkan kepada fungsi terkait lainnya.

“Cukup memonitor dan melakukan penanganan preentif dan preventif, ” kata mantan Kapolda Jawa Barat itu mengingatkan.