Pj Gubernur Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Kota Parepare Sebagai Pusat Niaga

20240219-bahtiar-baharuddin-parepare-prod18feb2024
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, pada peringatan ulang tahun ke-64 Kota Parepare, di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto: Diskominfo Sulsel)

maiwanews – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan keinginan mengembalikan kejayaan Kota Parepare sebagai pusat niaga.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya Pj (Penjabat) Gubernur Sulsel (Sulawesi Selatan), Bahtiar Baharuddin, pada HUt (Hari Ulang Tahun) ke-64 Kota Parepare. Kegiatan dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Parepare, Minggu, 18 Februari 2024.

Pj Gubernur Bahtiar menyatakan mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Parepare melalui pelabuhan dan pergudangan.

Agar pelabuhan ramai, harus dengan dukungan produksi agar kapal-kapal besar masuk mengambil hasil pertanian, hasil kelautan, perikanan, dan peternakan.

Tahun 1600-an, pelabuhan di Parepare dikatakan merupakan pelabuhan pusat perdagangan, sangat ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

Tujuannya bukan sekedar menjadikan pelabuhan Kota Parepare sebagai pusat ekonomi di Parepare, tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, pada kesempatannya berharap dukungan dari Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sulsel untuk membantu pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan di Kota Parepare.

“Kami butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah”, demikian disampaikan Pj Wali Kota Akbar Ali.

Pada kegiatan itu, Pj Gubernur Bahtiar didampingi Pj Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Sulsel Sofha Marwah Bahtiar.

Turut hadir pada kesempatan itu antara lain, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare, Forkopimda Kota Parepare, serta mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (z/Diskominfo Sulsel)