Kadiv Pemasyarakatan Beri Penguatan Petugas Operator Data Pada Satker Pemasyarakatan

2023_07_04 Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim gelar Penguatan kepada 52 Operator yang bertugas di Satker Pemasyarakatan di Ruang Raden Wijaya Kantor Wilayah
Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim gelar Penguatan kepada 52 Operator yang bertugas di Satker Pemasyarakatan di Ruang Raden Wijaya Kantor Wilayah (Foto: Humas Kemenkumham Jatim 4 Juli 2023)

Maiwanews – Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jatim menggelar penguatan kepada 52 Operator yang bertugas di Satker Pemasyarakatan, digelar di Ruang Raden Wijaya Kantor Wilayah, Senin (03/07/2023).

Pada masa Era Digitalisasi saat ini percepatan Data menjadi Indikator keberhasilan sebuah Satuan Kerja (Satker) dalam mensukseskan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam sambutannya Kadiv Pemasyarakatan Teguh menyampaikan bahwa kecepatan dan akurasi data harus valid dan update. “Dari sini kita bisa mengukur penyelenggaraan SPBE di sebuah satuan kerja dengan terukur dan sebagai bahan untuk evaluasi jangka pendek, menengah dan panjang terhadap kinerja satker,” terangnya.

Pria asli Bandung menambahkan, saya ingin Operator di Satker merupakan orang pilihan yang memahami dan melek seputar teknologi dan informasi. Karena divisi pemasyarakatan mengemban tugas dan fungsi pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian.

Teguh mewanti-wanti bahwasannya data dan informasi yang dimiliki Satker bersifat penting dan rahasia, sistem database pemasyarakatan, data klien pemasyarakatan, dan data barang sitaan serta barang rampasan merupakan informasi yang tidak serta merta menjadi konsumsi publik, urainya.

Kadiv Pemasyarakatan Teguh, berpesan agar Operator mampu menyajikan data yang akurat, valid dan bisa dipertanggung jawabkan, “Jangan bekerja hanya menggugurkan kewajiban, karena data yang kaliam sajikan melekat sebuah tanggung jawab secara moril dari Divisi Pemasyarakatan kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” ujarnya.

Ikut menghadiri acara ini 52 Satker Penasyarakatan di Jatim, dan seluruh Pejabat Struktural Divisi Pemasyaraktan beserta jajaran pelaksana.(*)