Tifatul: Pemberitaan Media Agar Lebih berimbang

Tifatul SembiringMenteri Kominfo Tifatul Sembiring dalam acara breakfast meeting 17 Desember 2010 meminta media agar lebih berimbang dan obyektif dalam pemberitaannya agar beberapa isu sensitif tidak terus bergulir secara berulang-ulang.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekjen Kemkominfo Basuki Yusuf Iskandar, Kepala Badan Informasi Publik (BIP) Kemkominfo Freddy Tulung dan Deputi Kepala BMKG Bidang Geofisika Prih Harjadi, serta sejumlah Pejabat Eselon I dan II Kementerian Kominfo, Tifatul mengatakan breakfast meeting tersebut cukup penting karena dimaksudkan untuk menggalang kekerabatan bersama mitra kerja Kementerian kominfo dan juga untuk melakukan evaluasi akhir tahun atas sejumlah program yang telah dilakukan di sepanjang tahun 2010.

“Media diharapkan agar lebih berimbang dan lebih obyektif dalam menyampaikan porsi pemberitaan, sehingga mengingat suatu riset menunjukkan bahwa prosentase masyarakat Indonesia dalam menyaksikan tayangan siaran televisi cukup besar dan cukup lama, maka meskipun masalah konten adalah kewenangan KPI, namun Kementerian Kominfo terdorong untuk menyampaikan himbauan agar supaya tujuan pembinaan karakter bangsa (national character building) dapat lebih tercapai”, kata Tifatul. Himbauan tersebut terkait dengan pemberitaan media mengenai Informasi Bencana Alam Pada Detik-Detik Krusial.

Kepala BIP dalam breakfast meeting tersebut juga menyebutkan, bahwa saat Ini BIP telah menyelesaikan film dokumentasi berdurasi 24 menit tentang penanganan gempa bumi dan tsunami. Film tersebut akan dikirimkan ke seluruh daerah sebagai materi sosialisasi publik.

Pada sisi lain, mengingat penayangan STOP PRESS atau BREAKING NEWS bencana gempa bumi dan tsunami masih agak terbatas, diingatkan kepada seluruh media penyiaran untuk tetap konsisten melaksanakannya. Sedangkan kepada beberapa penyelenggara telekomunikasi yang belum berpartisipasi langsung dengan BMKG, maka dihimbau kepada yang belum untuk segera melakukan penyesuaian.

Pada sesi penutupan, Menteri Kominfo memberitahukan, bahwa Kementerian Kominfo sedang mempertimbangkan untuk menghimbau para penyelenggara telekomunikasi untuk turut membantu penyebarluasan info cuaca dan potensi anomali cuaca sesuai daerah masing-masing. (Sumber: Depkominfo | Foto: )